Selamat Datang di Ponpes Riyadhussholihiin

HARUSKAH MENGIKUTI MADZHAB TERTENTU DALAM MEMPELAJARI FIQIH ?

May 25, 2022 admin No Comments

لقد صار البعض يُـنكِر التفقَّه بغير مذهب ، فنريد توجيهاً ؟

Telah terapat sebagian orang yang menginkari metode berlajar fiqih dengan tidak bermadzhab, kami mohon arahan dari anda !

أجاب فضيلة الشيخ:

علي بن حسن الحلبي -حفظه الله- :

قضية التمذهب وعدمه ؛ قضية تاريخية معروفة موجودة ، كما هو موجود مذهب الإمام أبي حنيفة ومذهب الإمام مالك والشافعي وأحمد ؛ هناك أيضاً مذاهب أخرى موجودة ولا يزال إلى اليوم بعضها.

كان موجود مذهب (أبي ثور) ، كان موجود مذهب الإمام الطبري ، كان موجوداً مذهب الإمام الليث ابن سعد ، هذا كله كان موجوداً و معروفاً ، وأُلِّـفَت في ذلك مؤلفات وكتب ، ولا يزال إلى الآن موجوداً مذهب الإمام أبي محمد ابن حزم (مذهب الظاهرية) ، وإن كان اشتهر المذهب بإسم (مذهب الإمام ابن حزم) ، وإن كان مؤسِّـس المذهب هو داوود الظاهري.

كذلك يوجد مذهب أهل الحديث ، فلو أنك بحثتَ في كتب الحديث لَـتراه كان وسيظَل موجوداً وقائماً ، فلا نُشدد في هذا الموضوع ، العبرة بالتفقه الصحيح.

ونحن نقولها مرات ومرات ، نحن لسنا ضد التمذهب ، لكننا ضدُّ التعصب للمذهَب ، وحتى نكون دقيقين :

فإن السمة الغالبة اليوم على مُـقَلِّدَة المذاهب هو التعصُّب ، ولا يخلو الأمر من وجود ناس متحررين.

يعني أضرِب المثل بسماحة الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله تعالى :

في كتابه (الشرح الممتع) هو تأصيل وتفصيل وبيان للمذهب الحنبلي ولبعض كتبه الشهيرة ، لكن الشيخ العثيمين لم يَـجمد على المذهب أو على ما قيل في كتاب (الزاد) أو في غيره من كتب المذهب ، وإنما كان يَـتبع الدليل ، وكان ينتصر للدليل ، وكان يُـرَجِّح بالدليل ، حتى لو أخطأ في هذه أو تلك ، المهم أنه يبذل وسعه ، ما معنى الاجتهاد ؟

الاجتهاد هو بذل الوسع في معرفة الشيء.

ومن يقول إن مذهب أهل الحديث فوضوي ؛ هذا غير صحيح يا أخي ، أُنظر إلى كتب الإمام ابن المنذر ، فإن كتبه نموذج راقٍ لاتباع منهج أهل الحديث تفصيلاً وفروعاً.

أنظر إلى كتاب “المؤمَّـل في الرد إلى الأمر الأول” للإمام أبي شامة الشافعي ، كله تأصيل لمذهب أهل الحديث أو قل للتمذهب البعيد عن التعصب.

وعندنا الأمر في ذلك سيان ، لا مانع أن تتفقه على مذهب الإمام الشافعي أو الإمام أحمد والإمام أبي حنيفة والإمام مالك ، أو أن تتمذهب على فقه الشوكاني أو الصنعاني أو فقه ابن تيمية ، المهم أن لا يكون لك تعصب ، وأن لا تتعصب إلى هذه الأقوال ، وأن تنظر إلى الأمور نظرةً يُـثَبتها الدليل وتثبتها الحُـجة ، مع التقدير والتبجيل لكلام العلماء في هذا الباب ، وهو شيء مهم للغاية.

 

Permasalahan madzhab atau tidak bermadzhab adalah permasalahn yang tercatata dalam sejarah islam dan dikenal, sebagaimana adanya madzhab imam abu hanifah, madzhab imam malik, madzhab imam syafi’I dan Imam Ahmad; dan juga disana ada madzhab yang lain yang sampai detik ini masi eksis

Dahulu ada madzhab imam abi tsaur, madzhab Imam Thabariy, Ada juga Madzhab Imam Laits bin Sa’d, demikian dulu ada dan dikenal, dan ditulis dalam madzhab mereka berbagai kitab, dan sentiasa ada sampai hari ini, seperti madzhab Imam Muhammad Bin Hazm madzhab dzahiriyyah, sekalipun yang lebih dikenal namanya adalah madzhab Imam Ibnu Hazm, padahal pendiri madzhabnya sendiri adalah Abu Dawud Adhairiy

Demikian juga ada madzhab ahlul hadits, jika engkau cari di dalam kitab-kitab tarikh engkau akan dapati madzhab ini ada dan terus berkelanjutan, kita, kami tidak berlebihan dalam hal ini, intinya adalah bagaimana kita belajar dengan benar

Kami katakan berulang kali, kami bukanlah anti madzhab, namun kami adalah anti fanatisme terhadap madzhab, sehingga kita bisa lebih jeli lagi. Karena yang nampak pada hari ini orang-orang yang mengikuti madzhab tertentu mereka fanatik, dan sekalipun tetap ada orang-orang yang terbebas dari hal tersebut.

Yakni saya contohkan yang mulia syaikh muhammad bin sholih al-utsaimin

Dalam kitab berliau syarhu mumti’ yang merupakan pokok dan rincian penjelasan tentang madzhab imam ahmad bin hanbal dan sebagian kitab-kitab yang dikenal, namun beliau tidak terpaku hanya dengan madzhab atau apa yang ada dikitab zaad atau selainnya dari kitab-kitab madzhab, beliau mengikuti dalil dan membela dalil mernguatkan pendapat pula dengan dalil, sekalipun ada salah namun beliau telah mengerahkan seluruh kemampuannya. Apa makna dari ijtihad ?

Ijtihad adalah mengerahkan kemampuan untuk mengetahui suatu hal. Dan yang mengatakan bahwa madzhab ahli hadits ini kacau maka ini tidak benar wahai saudaraku, lihat kitab Imam Ibnu Mundzir, maka kitab beliau ini model yang baik dalam mengikui manhaj ahlus hadits terperinci dan cabang cabangnya

Lihat ke kitab “al muammal fii raddi ilaa al-amri awwal” milik imam Abi Syaamah Asy-syafi’I, seluruhnya adalah asas madzhab ahlil hadits atau sedikit sekali madzhab dan beliau jauh dari kata fanatik

Dalam perkara ini kita semua sama. maka tidak ada larangan untuk mempelajari fiqih madzhab Imam Syafi’I, Madzhab Imam Ahmad, Madzhab Abi Hanifah, Madzhab Imam Malik, atau bermadzhab dengan fiqih Imam Syaukani atas As-Shan’anii atau fiqih Ibn Taimiya, intinya jangan fanatik, Dan jangan fanatik terhadap suatu pendapat, hendaknya engkau melihat kepada perkara dengan pandangan yang menguatkan dalil atau hujah yang tetap, dengan menimbang, dan mengagungkan penjelasan para ulama dalam bab ini, maka itu sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan

Dan sebetulnya permasalahan ini butuh pada penjelasan yang lebih dari ini , namun semoga ini bisa mencukupinya

Leave a Reply