Selamat Datang di Ponpes Riyadhussholihiin

Hukum Badal Umrah

May 21, 2022 admin No Comments

Bolehkan Membadalkan Umrah – Syaikh Abdul Aziz Bin Baz Rahimahullahu

السؤال:

نبدأ أولًا برسالة أحمد محمود من السودان التي يقول فيها: هل يجوز أداء العمرة بدلًا من المتوفى أم أهدي ثوابها له؟ وإن كان جائزًا، أرجو ذكر النية، أو صيغة ما أقول في ذلك؟

Kita awali dengan sebuah pertanyaan dari Ahmad mahmud breasal dari sudan ia mengatakan : “apakah boleh menunaikan umrah dalam rangka membadalkan umrah orang yang sudah wafat, atau saya hadiahkan pahala umrah untuknya ? jika dibolehkan, saya mohon arahan bagaimana niatnya dan apa yang harus saya ucapkan ?

الجواب:

بسم الله الرحمن الرحيم.

الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على عبده ورسوله وخليله، وأمينه على وحيه، نبينا وإمامنا محمد بن عبدالله، وعلى آله وأصحابه ومن اهتدى بهداه، أما بعد:

فلا شك أن العمرة عن الغير من الموتى أو العاجزين عن الوصول إلى مكة لكبر السن جائزة، كالحج، فلك -أيها السائل- أن تعتمر عمن شئت من إخوانك المسلمين الموتى، وإذا أحرمت تحرم عن الميت، كما تحرم عن نفسك، وتنوي العمرة عن الشخص الذي أردت أداءها عنه، والأفضل أن تقول: اللهم لبيك عمرة عن فلان، هذا هو الأفضل، وإن لم تقل: عن فلان، ونويتها عنه؛ كفى ذلك، ولا حاجة إلى اللفظ، وقد كان -عليه الصلاة والسلام- يصرح في تلبيته بالنسك، فثبت عنه -عليه الصلاة والسلام- أنه في حجة الوداع قال: اللهم لبيك عمرةً وحجًا.

فالإخبار عن النسك الذي يريده الإنسان في تلبيته أمر مشروع، وإذا كان يريد ذلك عن غيره، فإنه يسمي، هذا هو الأفضل؛ ولهذا جاء في حديث ابن عباس أنه سمع رجلًا يقول: لبيك عن شبرمة، فقال: من شبرمة؟ قال: أخ لي، أو قريب لي، قال: حججت عن نفسك؟ قال: لا، قال: حج عن نفسك، ثم حج عن شبرمة فدل ذلك على أن الأفضل أنه يسمي من يحج عنه في تلبيته، نعم.

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Segala pujian hanya milik Allah, shalawat dan salam semoga tecurahkan kepada hamba dan Rasul-Nya serta kekasih-Nya, kepercayaan-Nya, pengemban wahyu-Nya, Nabi dan Imam kita Muhammad bin Abdillah dan juga kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau, dan kepada siapa saja yang mengambil petunjuk beliau. adapun setelah itu

Tidak diragukan lagi bahwa membadalkan umrah bagi orang yang sudah wafat atau yang tidak mampu mendatangi kota mekah karena sudah lanjut usia maka hal tersebut dibolehkan sebagaimana haji. Maka bagi penanya boleh membadalkan umrah untuk siapa saja yang anda inginkan dari saudara anda kaum muslimin yang wafat. Maka anda berihram untuk mayit sebagaimana anda berihram untuk diri anda sendiri, anda niat umrah untuk seseorang yang anda ingin tunaikan umrahnya, dan yang lebih utama anda mengatakan : allahuma labaik umrah ‘an fulan (sebutkan nama yang dibadalkan) dan ini yang utama. Seandainya anda tidak menambahakn ‘an fulan dan anda niatkan dalam hati maka hal tersebut sudah mencukupi, tidak berhajat lagi untuk menyebutkannya, dan dahulu Nabi juga mengeraskan suaranya ketika bertalbiyah, dan diriwayatkan dari beliau Shallalahu ‘Alaihi Wa Sallam ketika beliau di haji wada beliau bertalbiyah allahum labaiyk umratan wal hajj. Maka mengeraskan talbiyah ketika berihram merupakan perkara yang disayriatkan, jika ia menghendaki ihramnya untuk orang lain, maka iya sebutkan, ini yang afdhal. Terdapat riwayat yang datang dari Ibnu Abbas bahwasannya beliau shallahu ‘alaihi wa sallam mendengar seseorang mengatakan : labbaik an subrumah. Ditanyakan pada orang tersebut siapa subrumah, ia menjawab : subrumah adalah sodaraku atau kerabatku, beliau bertanya : engkau sudah berhaji untuk dirimu ? laki laki itu menjawab : belum, maka beliau mengatakan : berhajilah untuk dirimu dulu kemudian untuk subrumah. Maka hal tersebut menunjukan afdhal menyebutkan nama orang yang dibadalkan untuknya dalam talbiyah, iya..

Leave a Reply