Selamat Datang di Ponpes Riyadhussholihiin

Umroh Berkali-Kali Dalam Satu Perjlanan

May 22, 2022 admin No Comments
Umroh Berkali-Kali Dalam Satu Perjalanan – Syaikh Muhammad Bin Sholih Al-Utsaimin Rahimahullahu

السؤال:

ذكرت أنه لا يعتمر الإنسان في سفره أكثر من عمرة، فهل يجوز أن يعتمر بعد رجوعه من أبها وقد اعتمر قبل خروجه إليها كما فعل النبي صلى الله عليه وسلم حين رجوعه من الطائف وهو لم ينشئ سفراً من بلده؟

Anda sebutkan tadi bahwa seorang tidak boleh melakukan umrah lebih dari satu kali dalam satu perjalanan, apakah boleh seseorang berumrah lagi sekembalinya ia dari daerah abha dan sebetulnya sebelum ke abha dia sudah melakukan umrah, sebagaimana Nabi shallahu Alaihi wassalam melakukannya ketika beliau kembali dari Thaif padahal beliau tidak memulai safar baru dari negeri beliau (Madinah).

الجواب:

لا بأس إذا كان الإنسان خرج من مكة لحاجة ثم عاد إلى مكة فلا بأس أن يأتي بعمرة، لكن كلامنا في هؤلاء القوم الذين يأتون بالعمرة ويبقون في مكة ثم يخرج إلى التنعيم ويأتي بعمرة، هذا لم يفعله الصحابة، ولم يفعله النبي عليه الصلاة والسلام.

Tidak mengapa jika seseorang keluar dari mekah karena suatu keperluan, kemudia kembali ke mekah maka tidak mengapa jika ia mau melakukan umrah lagi, hanya saja pembahasan kita adalah tentang mereka yang datang untuk umrah dan menetap di mekkah, kemudian mereka keluar menuju tan’im untuk melakukan umroh lagi, hal ini tidak dilakukan oleh para sahabat, dan tidak juga oleh Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam

غاية ما هنالك أنه حصل لعائشة رضي الله عنها عذر حين جاءت من المدينة وهي محرمة بالعمرة، وفي أثناء الطريق حاضت، فدخل عليها النبي صلى الله عليه وسلم وهي تبكي، فأخبرته أنها حاضت، فقال لها: «افعلي ما يفعل الحاج غير ألا تطوفي بالبيت». ففعلت وقرنت بين الحج والعمرة، ولما أنهت حجها قالت: “يا رسول الله، يرجع الناس بحج وعمرة وأرجع بحج” فلما ألحت على الرسول عليه الصلاة والسلام أمرها أن تخرج ومعها أخوها عبد الرحمن بن أبي بكر إلى التنعيم، وتأتي منه بعمرة، فذهبت إلى التنعيم وأتت منه بعمرة، وأخوها عبد الرحمن معها ولم يأخذ عمرة؛ لأن أخذ العمرة من التنعيم لم يكن معروفاً عندهم، فإذا قدر أن امرأة وقع لها مثلما وقع لعائشة رضي الله عنها، ولم تطب نفسها إلا أن تأتي بعمرة مستقلة، فلا حرج عليها.

Mereka beralasan dengan apa yang terjadi pada ‘aisyah yang mendapati udzur ketika beliau berihram dari madinah dan di tengah jalan beliau haid, Nabi shallahu ‘alihi wa sallam menemuinya dan aisyah dalam keadaan menangis, Asiyah pun mengabarkan kepada beliau bahwa dirinya haid. Maka Rasulullahu shallahu ‘alihi wa sallam mengatakan padanya : “lakukan apa yang dilakukan yang berhaji kecuali jangan engkau tahwaf di ka’bah”. Aisyah pun melakukannya dan menggabungkan antara haji dan umrah, ketika haji hendak selesai Aisyah mengatakan kepada Rosulullah shallahu ‘alaihi wa sallam : “wahai Rasulullah, orang-orang pulang dengan pahala umrah dan haji mereka sedangkan aku hanya pulang dengan pahala haji saja”.  ketika Aisyah terus merengek kepada beliau shallahu ‘alaihi wassalam maka beliau perintahkan Aisyah untuk keluar menuju tan’im bersama Abdurrahman bin Abi Bakr untuk melakukan umroh dari sana, maka Aisyahpun melakukan umrah dari tan’im dan sodaranya Aisyah yaitu Abdurrahman bin Abi Bakr bersamanya tidak melakukan umroh, karena umroh dari tan’im tidak dikenal di kalangan mereka. Jika seandainya ada seorang wanita yang mengalami kejadian sebagaimana ‘Aisyah dan hatinya belum tenang sampai ia mengerjakan umrah maka tidak mengapa melakukan sebagaimana yang dilakukan ‘Aisyah.

Leave a Reply