Selamat Datang di Ponpes Riyadhussholihiin

Kurikulim di Pondok Pesantren Riyadhussholihiin terbagi menjadi beberapa pilihan di antaranya ada kurikulum Formal dan Non-Formal.

Adapun Kurikulum Formal yang ada di Pondok Pesantren Riyadhussholihiin dipadukan dengan kurikulum Pondok, yang prosentasenya adalah 60% kurkilum pondok dan 40% kurkikulum Kemendikbud. Dengan dipadukannya dua kurikulum ini, diharapkan dapat menelurkan para lulusan yang tidak hanya cakap dalam Ilmu Agama namun juga memiliki wawasan terhadap ilmu-ilmu umum. Juga para lulusan akan mendapatkan 2 Ijazah, yaitu Ijazah Negeri dari Kemendikbud dan juga Ijazah Pondok yang terakreditasi Universitas Islam Madinah, bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan sampai lulus Jenjang SMA.

Di Pondok Pesantren yang menggunakan kurikulum ini adalah SMP IT Riyadhussholihiin dan SMA Riyadhussholihiin.

Kemudian disana juga ada Kurikulum Non-Formal yang menjadikan PKBM sebagai Wadah untuk kurikulum ini, yang mana para santri dibekali ilmu-ilmu agama yang lebih banyak dibandingkan kurikulum Formal. Presentasinya 90% Ilmu agama 10% Ilmu Umum. sehingga harapapnya adalah lulusan dari program Non-Formal adalah para alumni yang memiliki keilmuan agama yang kuat, yang siap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi khususnya Universitas-Universitas yang berkonsentrasi di bidang Agama baik itu dalam maupun luar negeri. Para lulusan dari kurikulum ini akan mendapatkan 2 Ijazah, yaitu Ijazah Paket dan Ijazah Pondok yang sudah terkareditasi Universitas Islam Madinah bagi yang menyelesaikan sampai jenjang Sederjat SMA.

Disana ada sebuah program khusus yang mewadahi para santri yang memiliki keinginan untuk fokus menghafal al-Qur’an yang kami namakan dengan Program Daarul Huffadz. Dalam program ini para santri ditargetkan selama 2 tahun untuk fokus menghafal al-Qur’an sampai selesai 30 Juz kemudian dilanjutkan dengan pembekalan dasar-dasar ilmu syar’i selama satu tahun. Para lulusan dari program ini akan mendapatkan dua ijazah yaitu Ijazah Paket dan Ijazah Pondok yang terakreditasi Universitas Islam Madinah.

Pondok pesantren Riyadhussholihiin insyallah terus mengembangkan kurikulum-kurikulum yang ada dan terus melakukan inovasi untuk mengembangkan dan memajukan kurkulum yang sudah ada.